Selamat bergabung di zona Atmadilaga

'Setetes tinta mampu melahirkan sejuta inspirasi'


VSI - Mobile Payment

VSI - Mobile Payment
Mari bersama Ustad Yusuf Mansur membeli kembali Indonesia
29 September 2011

Seni Membaca Wajah (Fisiognomi)

Di dunia Barat, karakter wajah dipelajari lewat ilmu fisiognomi. Ilmu ini dianggap warisan kuno yang luar biasa ampuhnya. Banyak pakar Yunani purba mempelajari fisiognomi untuk menafsirkan berbagai sifat dan karakter melalui berbagai bentuk wajah, warna rambut, anggota badan, dan suara. Karya Aristoteles dan Hippocrates dianggap sebagai bagian dari filsafat praktis paling kuno yang secara sistematis membicarakan fisiognomi itu.

Pada masa klasik, studi fisiognomi lebih bersifat deskriptif. Perkembangan di abad pertengahan kemudian menunjukkan bahwa fisiognomi lebih mengembangkan sisi prediksi dan astrologi, bahkan sering kali masuk ke dalam sisi magis dan mitos. Saat itu, penulis-penulis bangsa Arab banyak memberikan kontribusi pada literatur fisiognomi Barat. 

Membaca Wajah

Praktik pembacaan wajah muncul pertama kali pada abad ke-6 SM. Dibandingkan metode Barat dan India, seni pembacaan wajah cara Tiongkok sangat rumit. Seorang pembaca wajah terlebih dulu harus mengklasifikasikan bentuk-bentuk wajah secara individual dengan menilai warna, ukuran, serta kecacatan tertentu pada areal wajah. Pada dasarnya, wajah dibagi menjadi 130 area. Setiap area merupakan situasi umur dan kehidupan tertentu. Dengan mengamati lima elemen siklus produktif dan destruktif (kayu, api, tanah, logam, air) dan teori yin-yang, maka seorang pembaca wajah yang terampil mampu memprediksi kejadian tertentu, mendiagnosa penyakit, atau memahami kepribadian seseorang.

Bentuk wajah bukan hanya dapat mengungkap kepribadian dan masa depan anda tapi juga apakah anda serasi dengan pasangan anda.

Berikut karakter dan sifat yang dapat diungkap dari wajah anda;


1.     ALIS

-       Dapat menunjukkan pola pikir anda.

-       Bila anda memiliki alis dengan pangkal tebal lalu menepis di ujung menunjukkan anda sangat berbakat dalam memulai proyek-proyek baru.

-       Alis yang dimulai dengan pangkal tipis dan berakhir dengan ujung lebih tebal menunjukkan orang yang berbakat mengikuti detail.

-       Jika alis anda tebal berarti menunjukkan kekuatan intelektual

-       Bila anda memiliki alis tipis tipis menunjukkan intensitas mental.

-       Bentuk alis yang lurus menunjukkan bahwa anda adalah orang yang baik, estetis tapi jika jaraknya terlalu dekat ke mata.

-       Bila alis anda terlalu tebal berarti anda adalah orang yang mudah marah dan tidak sabar.

-       Alis yang agak menunjuk ke telinga memberi arti bahwa anda adalah orang yang senang sikap ramah.

2.     TELINGA

-       Menunjukkan bagaimana anda merancang realita dan bagaimana anda bereaksi secara tidak sadar terhadap hal-hal di sekitar anda.

-       Bila telinga anda panjang maka menunjukkan bahwa anda memiliki kemampuan mendengarkan yang luar biasa.

-       Jika telinga anda ukurannya sedang maka menunjukkan keluwesan dalam mendengarkan.

-       Tetapi jika telinga anda pendek maka menunjukkan kecenderungan bukan hanya mengumpulkan informasi tapi juga memperhatikannya secara serius.

-       Bentuk telinga anda yang menyudut ke dalam biasanya berarti anda mudah menyesuaikan diri.

-       Sedangkan telinga yang menyudut ke luar menunjukkan bahwa anda ragu mengikuti aturan masyarakat.

-       Untuk telinga anda yang letaknya lebih tinggi dibandingkan alis maka menunjukkan bahwa anda orang yang ingin berprestasi tinggi.

3. HIDUNG

ü  Menunjukkan bagaimana anda mengelola uang dan apa yang membuat anda beda sebagai pekerja.

ü  Hidung pendek menunjukkan bakat kerja keras.

ü  Hidung panjang menunjukkan ketrampilan perencanaan dan strategi yang istimewa.

ü  Hidung lurus menunjukkan sistematis.

ü  Hidung melengkung mengungkapkan kreativitas.

ü  Hidung berjendul menunjukkan pekerjaan anda maju mundur.

ü  Hidung besar menunjukkan kemampuan mencari uang.

ü  Jika lubang hidung lebih tertutup daripada terbuka, orang ini berkemungkinan lebih besar mempertahankan kekayaannya.

4. MULUT

-       Untuk ekspresi diri .

-       Bentuk bibir penuh, pintar membuat percakapan jadi terbuka lebar dan bisa mengungkapkan sesuatu yang memalukan.

-       Bibir yang tipis menunjukkan bahwa anda lebih pintar dalam menyimpan rahasia pribadi.

-       Bibir yang pendek dapat menunjukkan bahwa anda lebih menyukai percakapan satu arah.

-       Anda memiliki bibir yang panjang maka menunjukkan bahwa kemampuan bicara dengan banyak orang.

-       Bila anda memiliki bibir penuh dan cuping telinga besar dapat menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sangat sensual.

-       Bibir atas yang tipis menunjukkan orang yang kurang afeksi sedangkan bibir bawah lebih penuh menunjukkan menerima tantangan.

 

5. DAGU DAN RAHANG

-Secara bersama-sama atau terpisah bisa mengungkapkan etika, kemampuan membuat keputusan serta cara mengatasi konflik. Rahang yang lebar dapat menunjukkan bahwa anda cenderung lebih fisik daripada mental. Begitu juga sebaliknya jika rahang anda sempit. Sedangkan dahi tinggi menunjukkan pemikir sedangkan dahi bulat menunjukkan idealistis.

Hati-hati, ada baiknya anda berhati-hati dengan orang yang memiliki bibir atas yang menonjol keluar ke atas bibir bawah terutama jika bibir atasnya tipis. Karena orang seperti ini kemungkinan mempunyai sifat mencari mangsa.

Anda juga harus waspada dengan orang yang memiliki wajah berhidup luar biasa lancip dan menurun, bibir hampir tidak terlihat, mata kecil dan tulang pipi tinggi dengan sedikit daging. Karena orang yang memiliki bentuk wajah ini memiliki sifat yang kejam.


Beragam Tipe Wajah

Menurut Erwin, mambaca wajah metafisika Cina tetap menggunakan bentuk dan karakteristik lima elemen (tanah, kayu, api, logam, air) serta teori keseimbangan yin yang. Berikut tipe-tipe wajah berdasarkan lima elemen dan teori yin yang:

1. Wajah tanah
Bentuk wajah persegi pendek dengan garis rahang menonjol, kulit pucat, kulit tebal, dan suara berat. Tipe ini memiliki kemampuan untuk bersikap diam dan membangun bangun kehidupan yang solid. Umumnya bersifat praktis, gigih, berhati-hati dengan uang dan dapat menyimpannya nya dengan baik.
Permasalahan yang sering dihadapi adalah keraguan, makanan, perut atau lambung, dan limpa. Pemilik tipe wajah ini harus memperhatikan gizi, enzim suplemen, dan pencernaan. Hindari terlalu banyak konsumsi gula dan susu. Makanan ini cenderung memperburuk pencernaan dan dapat menimbulkan rasa lelah dan kemalasan. Contoh tipe wajah tanah adalah pembalap Formula-1, David Coulthard.

2. Wajah kayu
Bentuk wajah dan hidung panjang, dahi tinggi, pipi sempit. Mata memiliki pandangan lembut, rambut dan alis mata tidak tebal dan kaku. Tipe ini memiliki energi pertumbuhan, memiliki visi masa depan yang jelas, dan mampu membuat perencanaan yang bagus. Tipe ini bila tidak bisa menyelesaikan masalahnya akan mudah mengalami gangguan, frustrasi, dan keraguan.
Hambatan pada energi kayu dapat membuat hati dan saluran urin rentan terhadap penyakit. Manifestasinya berupa sakit kepala, masalah pencernaan, kencing batu, dan bisul. Makanan yang harus dihindari adalah yang berminyak dan berlemak, serta alkohol. Contoh Tony Blair, mantan perdana menteri Inggris.

3, Wajah api
Memiliki bentuk wajah panjang, tetapi tulang pipi besar atau menonjol, dagu lancip, dahi lebih lancip daripada tipe kayu. Rambut keriting dan berwarna kemerah-merahan. Bicara dan gerak tubuhnya cepat. Elemennya membawa kehangatan dan antusiasme dalam hal kepribadian. Mempunyai kemampuan memberi inspirasi dan membuat orang lain "terbakar".
Tipe ini orang yang aktif dan menyukai dunia luar, berorientasi tujuan, memiliki langkah yang cepat dan seorang petualang sejati. Api yang berlebihan dapat menimbulkan masalah pada jantung, kegelisahan, masalah kulit, dan insomnia. Tipe ini perlu menambah makanan berasa pahit pada menu hariannya. Makanan yang bisa melancarkan peredaran darah dan tanaman obat diperlukan tipe wajah api, misalnya ginseng dan purwoceng. Contoh John Collins, penyanyi terkenal dari Hollywood.

4. Wajah logam
Wajahnya berbentuk oval dengan jarak antarmata lebar, tulang pipi menonjol, dan warna kulit pucat. Wajah ini enak dilihat karena memiliki mata bening dan bersinar dengan banyak energi yang keluar dari matanya. Alis mata berwarna pucat, rambut umumnya lurus.
Tipe ini umumnya suka memberi nasihat, bisa menjadi pengacara dan konselor yang baik. Logam adalah elemen pemikir karenanya tipe ini memiliki motivasi dan kemauan yang kuat. Umumnya dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.
Tipe ini memiliki selera humor tinggi dan kelihatan sebagai pekerja keras. Sisi buruk tipe ini seringkali teracuni oleh pemikiran negatif, mudah berhenti di tengah jalan, dan bersikap pedas. Tipe ini adalah seorang guru dan penyembuh yang baik.
Ketika mengalami depresi, tipe ini sering mengalami gangguan pada sistem pernapasan dan usus bagian bawah. Pemilik wajah tipe ini perlu menarik napas dalam-dalam untuk memasukkan energi chi, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral, serta menghindari makanan yang tidak bergizi. Contoh Lauren Bacall, bintang Hollywood.

5. Wajah air
Bentuk wajah bulat, gemuk, lembut, dan kadang dengan tubuh bulat. Mata besar dan lembut, rambut gelap atau berwarna. Orang dengan tipe ini biasanya pendiam, lembut, mudah terbawa oleh sensasi dan rentan terhadap tarikan emosi. Tipe ini biasanya adalah komunikator dan pencerita yang baik.
Tipe ini memiliki sifat sensitif dan peduli tren, baik dalam pekerjaan maupun di masyarakat. Tipe ini bisa menjadi pendengar, pemerhati, dan penasihat yang baik. Elemen air yang jernih, ada vitalitas yang dapat menarik apa yang ia inginkan, seperti sebuah magnet. Mereka menentukan apa saja yang harus diperoleh dan kemudian merencanakan cara-cara mendapatkannya. Jika energinya terhambat akibat dari emosi yang tidak diharapkan, kulit dapat berwarna biru dan terdapat bulatan seperti cincin hitam di bawah mata.
Jaringan lembut yang terlalu banyak dapat merangkap kegelisahan dan emosi yang dalam. Hal ini dapat memengaruhi energi ginjal. Stres dalam jangka panjang akibat tekanan mental dan terlalu banyak kerja dapat melemahkan yin ginjal, sehingga tubuh dalam kondisi panas. Contoh Deng Xiao Ping, pemimpin Cina.

Bentuk Wajah

Dahi
Licin: Tipe orang yang pemikir dan cepat mengambil keputusan.
Berkerut: Bila kerutan yang tampak berupa garis-garis horisontal, hal ini menunjukkan orang tersebut mudah marah dan memiliki antusiasme yang tinggi.

Mata
Novel, lirik lagu, dan puisi selalu menuliskan tentang mata yang kerap diibaratkan sebagai jendela jiwa seseorang. Mata tidak pernah berbohong dan selalu menerjemahkan bagaimana perasaan yang paling dalam dari seseorang.
Tegang: Bila terdapat bagian putih mata di antara iris atau selaput pelangi dan bagian bawah kelopak mata pada kedua mata, menunjukkan orang tersebut tertekan dan khawatir.
Menantang: Bila bagian putih terlihat di bagian atas iris, berarti selain tertekan orang tersebut juga galak.
Terpisah: Bila bagian putih tampak di sekeliling iris, lebih baik hindari orang ini. Soalnya, hal itu menunjukkan orang tersebut tidak stabil secara kejiwaan dan gampang marah.
Garis-garis: Bila tampak garis-garis kecil di bagian luar mata, orang tersebut termasuk tipe yang ramah, mudah tersenyum, dan cenderung selalu merasa bahagia.

Alis
Alis mata dapat menjadi indikator yang menarik mengenai cara berpikir seseorang.
Lurus: Alis mata yang horizontal menunjukkan tipe orang yang penuh dengan gagasan. Mereka senang berdebat.
Lengkung: Bila memiliki alis mata yang melengkung, orang tersebut termasuk tipe orang yang memiliki rasa humor yang tinggi.
Tipis: Termasuk tipe orang yang kurang percaya diri, terutama bila alis mata agak ke atas dan melengkung.
Menyambung: Bila melihat orang dengan alis mata yang menyambung, berarti Anda berhadapan dengan seorang pemikir dan Anda dapat mengambil manfaat dengan memberikan semangat kepada mereka untuk membagi gagasan-gagasannya.

Kelopak Mata
Kecil: Bila jarak antara bagian atas kelopak mata dan bulumata sangat dekat, menunjukkan orang tersebut mandiri dan dapat menjaga jarak dengan orang lain.
Lebar: Kelopak mata yang lebar merupakan tanda sang pemilik memiliki sifat tidak mandiri.

Hidung
Kecil: Orang yang berhidung kecil umumnya memiliki pembawaan lemah, sering tidak dapat diandalkan, dan pikirannya gampang berubah-ubah.
Besar: Hidung besar menandakan orang yang mempunyai inisiatif, mantap, serta memiliki karakter yang kuat.
Pesek: Hidung yang besar tetapi pesek, biasanya pembawaannya tidak kaku dengan sekelilingnya. Pragmatis, hanya percaya pada dirinya sendiri, mudah bergaul, dan berani.
Mancung: Biasanya bersifat terus terang, kendati kadang agak pedas bila berbicara. Mengagumi diri sendiri, susah mengambil keputusan, dan peka.

Telinga
Kecil: Biasanya merasa tidak aman tetapi pada umumnya tahu apa yang mereka inginkan. Mereka juga termasuk jenis pekerja keras.
Tajam: Bersifat kaku dan tidak santai.
Telinga yang berambut: Pemiliknya bersifat cermat dan teliti. Waktu dan tenaganya habis untuk hal-hal yang tidak penting.

Dagu & Rahang
Rahang persegi: Bersifat keras dan memiliki kemampuan untuk membuat impian-impiannya menjadi kenyataan.
Dagu yang menonjol keluar: Merasa dirinya penting dan selalu benar. Menurut pendapatnya, tidak seorang pun yang benar kecuali dirinya.

Pipi
Pipi yang bentuknya bagus: Merupakan ciri-ciri dari sifat yang cekatan, berenergi, percaya diri dan dapat menerima kesalahan orang lain.
Lesung pipi: Selain membuat orang tersebut menjadi menarik, lesung pipi juga merupakan simbol keserasian dari pemiliknya.

Bibir
Tebal: Bersifat murah hati dan senang membicarakan tentang dirinya sendiri.
Tipis: Bila bentuk bibirnya tipis dan bulat, merupakan tanda dari kepribadian yang tertutup dan peka.
Bibir atas tipis dan bibir bawah tebal: Menunjukkan tipe orang yang persuasif.




Ciri Positif-Negatif Bagian Wajah

Berikut ini adalah gambaran singkat posisi dan kualitas beberapa bagian wajah:

1. Telinga
- Positif: di atas garis alis mata, cuping panjang, datar dengan permukaan kepala, "pintu" lebar.
- Negatif: cuping kecil, condong menghadap ke depan. "pintu" sempit.

2. Alis mata
- Positif: gelap, tebal, panjang, halus, bentuknya bagus, tinggi di atas mata.
- Negatif: jarang, tipis, pucat, pendek, bentuknya tidak bagus, dekat dengan mata.

3. Hidung
- Positif: tinggi, tulang lurus, besar, ujung bulat, sayap tebal dan penuh, lubang hidung tertutup.
- Negatif: rendah, bengkok, tulang melengkung seperti pancing, ujung lancip atau menengadah, sayap tipis, lubang hidung terlihat.

4. Mulut
- Positif: berwarna merah muda, tebal, bentuknya persegi lebar, secara simetris seimbang, bibir terkatup.
- Negatif: berwarna putih atau gelap, tipis, bentuknya kecil, secara simetris tidak seimbang, bibir terbuka.

5. Dagu
- Positif: penuh, tebal, panjang, dan lebar.
- Negatif: tipis, pendek, lancip, atau tertarik ke belakang, tertekan atau pecah.

6. Mata
- Positif: berukuran besar, lebar, bola mata hitam dengan putih mata warna perak.
- Negatif: kecil, jarak antarmata dekat, bola mata kecil dan putih mata tanpa warna/pucat.

*NOTE : Jangan dipercaya 100% karena akan menimbulkan syirik, buat seneng2an aja, Hhe_


Artikel Terkait:

2 komentar:

membacawajah mengatakan...

trima ksih gan tuk info'a... ;)
sukses trus gan tuk mmbuat artikel yg lain... :)

membaca wajah mengatakan...

keren,,, :). sya mau blajar ilmu membaca wajah,hehehe :)

Poskan Komentar

 
;